Pindahan dari cafevixion.blogspot.co.id

Terbaru

Rabu, 20 Desember 2017

Tak Perlu Takut Lagi Naik Gunung, Gunung Telomoyo Bisa di Daki Dengan Motor

Jam setengah 3 pagi saya sudah siap berangkat menuju telomoyo. Saat itu saya memutuskan jam 3 pagi untuk berangkat, tempat kumpulnya saya atur di Pom Sagan Yogyakarta. Cukup pagi memang karena berusaha (lagi) mengejar sunrise serta dengan asumsi santai bawa motornya biar gak kesusu banget hehe. Tapi karena suatu masalah jadi molor 45 menit.
Setelah (akhirnya) kumpul semua kami berangkat menuju kopeng, kali ini saya tidak mampir ke rumah si fajar melainkan langsung menuju telomoyo. Gunung Telomoyo memiliki ketinggian 1.894 mdpl dan terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang.
Jalan menuju Kopeng

Untuk menuju pos pendakian kalian bisa melalui Desa Dalangan, kebetulan sudah ada papan penunjuk jalannya jadi sudah gampang.

via instagram @andiakhm

Setelah itu kalian belok kiri menuju Desa Dalangan, disini kalian lurus terus ikuti jalan, nanti ketika ada pertigaan kalian belok kiri. Tidak begitu jauh bakal ada semacam patung tulisan telomoyo dikanan jalan.
Telomoyo

Sekitar jam setengah 6 pagi kami sudah sampai di pos pendakian Gunung Telomoyo, karena saat itu pos masih kosong maka kami bablas aja hehe. Untuk sampai puncak jika menggunakan sepeda motor membutuhkan waktu sekitar 30 menit atau bisa lebih karena faktor jalan yang rusak. Kalau jalan kaki sekitar 2 jam.
via santridanalam.blogspot.com

Setelah sampai puncak ada dua spot foto berbentuk landasan paralayang disini, lebih aman yang pertama sih karena bagian yang landai lebih besar dibanding spot atau landasan paralayang yang kedua.
via seputarmagelang.club

Sementara spot atau landasan yang kedua masih diatas lagi.
papan landainya lebih kecil

Beberapa pemandangan yang bisa kalian nikmati di puncak telomoyo via ardiyanta.com antara lain;
Gunung Andong 1.726 mdpl
Gunung Merbabu 3.142 mdpl
Gunung Ungaran 2.050 mdpl
Gunung Sumbing 3.371 mdpl dan Gunung Sindoro 3.150 mdpl
Danau Rawa Pening
Desa Dalangan

Sekitar pukul 7 atau setengah 8 pagi kabut tebal mulai turun, setelah beberapa menit menunggu kami memutuskan untuk turun gunung.

Saat turun kami mampir ke air terjun yang memang sedari naik tadi sudah terlihat, tapi berhubung ngejar sunrise jadi di skip dulu. Air terjun mini ini berada dipinggir jalan pendakian.
via pinterest.com

Setelah turun saya mengunjugi rumahnya fajar, sekedar mampir isi perut hehe. Kalau kalian lagi main disekitaran kopeng rekomen nih disini, warung bakso mi ayam manunggal raos (kalau gak salah) pokoknya yang paling ramai di pasar kopeng.