Pindahan dari cafevixion.blogspot.co.id

LightBlog

Terbaru

Rabu, 11 Desember 2019

Pentingkah Mengganti Selang Rem Vixion?

Hai, sudah lama enggak nulis lagi. Terakhir sekitar dua tahun yang lalu 😂 Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang selang rem atau brake hose yang baru beberapa hari kemarin saya ganti.

Selang rem atau kerennya disebut brake line atau brake hose merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan minyak rem bertekanan dari master rem ke kaliper rem.

Kategori brake hose yang bagus yaitu harus mampu menahan tekanan yang diberikan oleh master rem, selain itu dia juga harus mampu tahan terhadap temperatur tinggi dan tidak mudah mengembang yang akan mengakibatkan kinerja brake hose menjadi tidak maksimal.
Untuk selang rem standart atau bawaan Vixion itu materialnya dari karet, dimensinya rawan membesar ketika mendapat tekanan di suhu tinggi, apalagi jika sudah berumur. Kondisi ini akan membuat performa pengereman kurang maksimal.
Selang rem bawaan Vixion yang sudah sekitar empat tahun menemani 😅

Atas dasar itulah saya mencoba untuk mengganti brake hose bawaan dengan merk racing TDR. Warna yang dipilih adalah black carbon yang saya tebus dengan harga 90 ribu di daerah Pasar Kebun Handil, Jambi. Brake hose ini berbahan serat baja sehingga lebih bagus dalam mempertahankan dimensi lubang saluran minyak rem.

Sebagai info tambahan, rem blong biasanya disebabkan oleh panas ekstrim dari kaliper rem. Karena ditekan terus menerus, kampas rem yang bergesekan dengan piringan akan menimbulkan panas. Kemudian panas inilah yang akan mendidihkan minyak rem. Akibatnya akan muncul gelembung udara yang terperangkap didalam sistem pengereman, gelembung udara inilah yang menyebabkan rem blong.

Maka dari itu kondisi minyak rem juga harus diperhatikan, kuras dan gantilah minyak rem jika sudah terlalu lama tidak diganti.

Semoga bermanfaat 🙂🙂🙂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox